Monday, May 23, 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Muatan Listrik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Muatan Listrik

Apa itu Muatan Listrik ? Muatan listrik adalah muatan dasar yang dimiliki oleh suatu benda, yang membuatnya mengalami gaya pada benda lain yang berdekatan dan juga memiliki muatan listrik. muatan listrik disimbolkan dengan menggunakan huruf Q. Sistem Satuan Internasional dari satuan Q adalah coulomb. Muatan listrik berkaitan langsung dengan susunan zat suatu benda. Semua benda yang tersusun dari pertikel partikel yang sangat kecil, disebut dengan atom. Atom terdiri dari inti atom (nucleus) dan elektron yang mengelilingi inti atom. Inti atom terletak ditengah dan terdiri dari proton dan neutron.
Proton dan elektron bermuatan listrik sedangkan neuron tidak bermuatan listrik (netral). Proton bermuatan listrik positif sedangkan elektron bermuatan listrik negatif.



Muatan listrik bisa dibilang positif jika atomnya kekurangan elektron. Sementara muatan listrik bisa dibilang negatif jika atomnya kelebihan elektron. Besarnya muatan tergantung dari kelebihan atau kekurangan elektron. Dalam atom yang netral, jumlah proton akan sama dengan jumlah elektron yang mengelilinginya. Besarnya muatan elektron atau muatan proton merupakan satuan dasar muatan. Besarnya muatan listrik suatu benda merupakan kelipatan dari muatan elektron atau muatan proton. Hal ini disebut muatan terkuantisasi.






No comments:

Post a Comment