Friday, May 13, 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Macam Macam Simbiosis Beserta Gambarnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian dan Macam Macam Simbiosis Beserta Gambarnya

Apa itu simbiosis ? Simbiosis adalah hubungan sangat erat antara dua jenis makhluk hidup yang hidup saling berdampingan. Simbiosis berasal dari bahasa Yunani, yaitu sym yang artinya dengan dan biosis yang artinya kehidupan. Makhluk hidup yang melakukan suatu simbiosis disebut simbion. Simbiosis yang terjadi antar satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lain dibagi menjadi tiga macam, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasitisme.

A. Simbiosis Mutualisme
Simbiosis adalah hubungan sangat erat antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda yang saling menguntungkan satu sama lain. Berikut contohnya :

1. Burung Jalak dengan Kerbau
Kerbau mendapatkan keuntungan karena kutu di tubuhnya berkurang karena dimakan burung jalak, sementara bururng jalak mendapatkan keuntungan karena mendapatkan makanan berupa kutu dari kerbau.



2.  Interaksi Bunga dan Lebah
Lebah memperoleh madu atau nektar yang berada di dalam sari kelopak bunga sebagai makanan lebah, sedangkan bunga sangat terbantu proses penyerbukannya karena keberadaan lebah yang mencari madu.



3. Interaksi Buaya dan Burung Plover
Burung plover memiliki kebiasaan memakan kotoran atau sisa makanan yang ada di gigi buaya. Dengan kebiasaan tersebut, buaya dapat terbebas dari penyakit mulut dan burung plover memperoleh makanan secara gratis dari buaya.





B. Simbiosi Komensalisme 
Simbiosis adalah hubungan sangat erat antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda yang salah satu diuntungkan, yang satu lagi tidak diuntungkan dan juga tidak dirugikan. Berikut contohnya :

1. Anggrek dengan pohon mangga
Tumbuhan anggrek akan sangat terbantu jika tumbuh dan berkembang biak dengan menempel pada  pohon mangga agar mendapatkan sinar matahari, air, serta zat-zat yang dibutuhkan untuk bisa berfotosintesis. Akar anggrek akan menyerap air dan mineral dari luar kulit pohon yang ditumpanginya atau menyerap zat zat anorganik dari kulit batang tumbuhan inangnya yang telah mengalami pelapukan, sedangkan untuk pohon mangga sendiri tidak memperoleh pengaruh apapun.



2. Ikan remora dengan Ikan Hiu
Ikan remora selalu menempel pada ikan hiu agar tetap aman karena ikan-ikan pemangsa takut pada ikan hiu, selain itu ikan remora akan lebih mudah mendapatkan makanan dari sisa makanan ikan hiu, sedangkan ikan hiu sendiri tidak diutungkan ataupun dirugikan dengan keberadaan ikan remora.


C. Simbiosis Parasitisme
Simbiosis adalah hubungan sangat erat antara dua jenis makhluk hidup yang berbeda yang salah satu diuntungkan dan yang satu dirugakan. Berikut contohnya :



1. Tali Putri dan Inangnya
Tali putri adalah salah satu tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sama sekali sehingga tidak bisa melakukan fotosintesis. Oleh karena itu tumbuhan tali putri memperoleh zat organik dari tumbuhan inangnya. Pada interaksi ini tumbuhan inangnya sangat dirugikan karena zat organiknya diambil oleh tali putri.

2. Benalu dan Tumbuhan Inangnya
Interaksi yang dilakukan benalu dengan inangnya tidak jauh berbeda dengan interaksi antara tali putri dengan inangnya. Benalu mempunyai klorofilnya sendiri sehingga ia bisa melakukan proses fotosintesis. Oleh karena itu ia hanya mengambil air dan mineral dari inangnya. Sedangkan tumbuhan inangnya mengalami kerugian karena air dan mineralnya diambil oleh tumbuhan benalu.



No comments:

Post a Comment