Sunday, May 15, 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian dan Contoh Metagenesis . Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian dan Contoh Metagenesis

Metagenesis ialah pergiliran atau pergantian keturunan dari fase sporofit dan fase gametofit atau sebaliknya. Spora merupakan salah satu alat reproduksi pada fase sporofit. Sebelum spora terbentuk, terjadinya proses pembentukan gamet dan fertilisasi (fase gametofit). Metagenesis dialami juga oleh tumbuhan lumut dan juga tumbuhan paku. Tumbuhan paku yang sering kalian lihat merupakan generasi sporofit. Selain pada tumbuhan lumut dan tumbuhan paku, metagenesis juga terjadi pada beberapa hewan invertebrata, contohnya ialah ubur-ubur.


Contoh Metagenesis :

  • Ubur-ubur memiliki fase gametofit dari dua ubur-ubur dewasa yang membentuk planula, dan fase sporofit adalah ketika satu polip membentuk amat banyak medusa.
  • Pada angiosperma, memiliki fase sporofit (dari biji hingga bunga terbentuk) lebih dominan dibandingkan fase gametofit (ketika bunga masih membentuk biji).
  • Jamur Mycelia yang umum ada adalah haploid, dan menjadi diploid ketika hifa dari dua kutub bersatu yang menjadi spora. Fase hingga penyatuan hifa disebut fase gametofit, dan fase hingga spora keluar disebut sporofit.
  • Jamur lendir (slime molds) memiliki fase gametofit yang dominan, dan ketika bertemu dengan pasangannya, jamur lendir akan menjadi spora, hingga spora keluar, fase itu disebut fase sporofit.







No comments:

Post a Comment