Thursday, May 12, 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Pengertian Bioteknologi dan Manfaat atau Kegunaan Bioteknologi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Pengertian Bioteknologi dan Manfaat atau Kegunaan Bioteknologi

Apa itu bioteknologi ? Bioteknologi  ialah pemanfaatan prinsip-prinsip ilmiah untuk mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti, bakteri, fungi, virus, dan masih banyak lagi maupun produk dari makhluk hidup seperti enzim dan alkohol dalam proses produksi untuk menghasilkan jasa dan barang. Bioteknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata Bios yang artinya hidup dan Teknos yang artinya teknologi. Sebenarnya bioteknologi sudah dikenal oleh manusia sejak ratusan tahun yang lalu bahkan ribuan tahun yang lalu. Contohnya, di bidang teknologi pangan ialah pembuatan bir, roti, dan keju yang sudah dikenal sejak abad ke-19, ada juga pemuliaan tanaman untuk menghasilkan varietas-varietas baru di bidang pertanian, serta pemuliaan dan reproduksi hewan.


Pada umumnya makhluk hidup yang dimanfaatkan dalam proses bioteknologi berupa mikroorganisme. Sebagian dari keberhasilan bioteknologi yang menarik minat masyarakat ialah rekayasa genetika. Rekayasa genetika ialah suatu proses manipulasi gen yang bertujuan agar mendapatkan organisme yang lebih unggul dari sebelumnya. Ada pula rekayasa genetika dalam arti luas ialah penerapan genetika untuk kepentingan hidup manusia. Rekayasa genetika merupakan salah satu bagian dari bioteknologi modern yang ditemukan pada tahun 1953 oleh crik dan watson dari model utas ganda DNA. Sebelumnya masyarakat telah mengenal atau mengetahui tentang bioteknologi tradisional. Bioteknologi tradisional yaitu diterapkan dengan pembuatan minuman anggur dan keju dengan menggunakan bantuan mikroba, pemulihan tanaman pangan, dan perkawinan silang pada hewan.

Manfaat / Kegunaan Bioteknologi :                                        


  1. Bahan bakar alternatif, 
  2. Membuat antibodi, 
  3. Membuat makanan hewan, 
  4. Mengolah limbah, 
  5. Membuat roti, 
  6. Membuat bahan bakar baru, 
  7. Dan masih banyak lagi.




No comments:

Post a Comment