Thursday, May 12, 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Contoh Kata Baku dan Tidak Baku beserta Contoh Kalimatnya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Contoh Kata Baku dan Tidak Baku beserta Contoh Kalimatnya

1. Aktif-Aktip
a. Baku = Dzikri meng-aktif-kan hpnya
b. Tidak Baku = Dzikri meng-aktip-kan hpnya

2. Apotek-Apotik
a. Baku = Saya pergi membeli obat ke apotek 
b. Tidak Baku = Saya pergi membeli obat ke apotik

3. Analisis-Analisa
a. Baku = Menurut analisis dokter Ari menderita penyakit Hepatitis C
b. Tidak Baku = Menurut analisa dokter Ari menderita penyakit Hepatitis C

4. Atlet-Atlit
a. Baku = Yohan adalah pelatih atlet angkat besi
b. Tidak Baku = Yohan adalah pelatih atlit angkat besi

5.Akhir-Ahir
a. Baku = Akhir-nya saya telah lulus SMA
b. Tidak Baku = Ahir-nya saya telah lulus SMA

6. Abjad-Abjat
a. Baku = Andi sudah bisa menghapal semua abjad Bahasa Indonesia
b. Tidak Baku = Andi sudah bisa menghapal semua abjat Bahasa Indonesia

7. Amfibi-ampibi
a. Baku = Katak termasuk hewan amfibi
b. Tidak Baku = Katak termasuk hewan ampibi

8. Atmosfer-atmosfir
a. Baku = Semakin lama atmosfer bumi semakin panas
b. Tidak Baku = Semakin lama atmosfir bumi semakin panas

9. Adzan-ajan
a. Baku = Adzan isya sudah berkumandang
b. Tidak Baku = Ajan isya sudah berkumandang

10. Bus-bis
a. Baku = Kami pergi ke pantai menaiki bus
b. Tidak Baku = Kami pergi ke pantai menaiki bis

11. Berpikir-berfikir
a. Baku = Saya sudah berpikir keras tentang ini
b. Tidak Baku = Saya sudah berfikir keras tentang ini

12. Balig-baligh
a. Baku = Andi sudah akhir balig
b. Tidak Baku = Andi sudah akhir baligh

13. Cabai-cabe
a. Baku = Harga cabai sedang naik
b. Tidak Baku = Harga cabe sedang naik

14. Cecak-cicak
a. Baku = Cecak dapat memutuskan ekornya
b. Tidak Baku = Cicak dapat memutuskan ekornya

15. Cokelat-coklat
a. Baku = Upin menyukai cokelat batangan
b. Tidak Baku = Upin menyukai coklat batangan

16. Cenderamata-Cinderamata
a. Baku = Menurut ayah saya cenderamata yang saya beli ini adalah palsu
b. Tidak Baku = Menurut ayah saya cinderamata yang saya beli ini adalah palsu



17. Dipindahkan-Dipindah
a. Baku = Lemari pakaian dipindahkan dari kamar saya ke ruang tamu
b. Tidak Baku = Lemari pakaian dipindah dari kamar saya ke ruang tamu

18. Daftar-daptar
a. Baku = Daftar pasien Rumah Sakit Cempaka ada lima belas orang
b. Tidak Baku = Daptar pasien Rumah Sakit Cempaka ada lima belas orang

19.Dolar-Dollar
a. Baku = Diperkirakan Dolar tahun ini meningkat
b. Tidak Baku =  Diperkirakan Dollar tahun ini meningkat

20. Diagnosis-diagnosa
a. Baku = Menurut diagnosis Dokter Fatih mengidap penyakit kanker hati
b. Tidak Baku = Menurut diagnosa Dokter Fatih mengidap penyakit kanker hati

21. Dahsyat-dasyat
a. Baku = Di Maroko terjadi gempa bumi yang dahsyat
b. Tidak Baku = Di Maroko terjadi gempa bumi yang dasyat

22. Dahulu-dulu
a. Baku = Andi dahulu adalah orang yang pemalu
b. Tidak Baku = Andi dulu adalah orang yang pemalu

23. Elite-elit
a. Baku = Royalti Cafe adalah nama cafe elite
b. Tidak Baku = Royalti Cafe adalah nama cafe elit

24. Efektif-efektip
a. Baku = Dafa melakukan segala hal dengan efektif
b. Tidak Baku = Dafa melakukan segala hal dengan efektip

25. Esai-esei
a. Baku = Hanif sedang menulis esai untuk lomba
b. Tidak Baku = Hanif sedang menulis esei untuk lomba

26.Ekstrem-Ekstrim
a. Baku = Joni nekat melakukan olahraga ekstrem
b. Tidak Baku = Joni nekat melakukan olahraga ekstrim

27. Februari-Pebruari
a. Baku = Bulan Febuari adalah bulan kelahiran ayah saya
b. Tidak Baku = Bulan Pebuari adalah bulan kelahiran ayah saya

28. Film-Filem
a. Baku = Saya sangat senang diajak ayah saya nonton film di bioskop
b. Tidak Baku =  Saya sangat senang diajak ayah saya nonton filem di bioskop

29. Hafal-Hapal
a. Baku = Saya hafal semua kata dalam buku itu
b. Tidak Baku = Saya hapal semua kata dalam buku itu 

30. Ijazah-Ijasah
a. Baku = Saya akan mendapat ijazah saya tanggal 12 juni
b. Tidak Baku =  Saya akan mendapat ijasah saya tanggal 12 juni

31. Ikhlas-Ihlas
a. Baku = Saya telah meng-ikhlas-kan kepergian dompet saya :)
b. Tidak Baku =  Saya telah meng-ihlas-kan kepergian dompet saya :)

32. Izin-Ijin
a. Baku = Saya memberi izin kepada adik saya untuk meminjam buku saya
b. Tidak Baku =  Saya memberi ijin kepada adik saya untuk meminjam buku saya

33. Jadwal-Jadual
a. Baku = Hari ini jadwal-ku sangat padat
b. Tidak Baku =  Hari ini jadual-ku sangat padat

34. Penasihat-Penasehat
a. Baku = Penasihat saya menyarankan untuk berlatih lebih giat lagi
b. Tidak Baku =  Penasehat saya menyarankan untuk berlatih lebih giat lagi

35. Risiko-Resiko
a. Baku = Pertandingan kali ini, Real Madrid ber-risiko tinggi kalah oleh Persib :)
b. Tidak Baku =  Pertandingan kali ini, Real Madrid ber-resiko tinggi kalah oleh Persib :)

36. Sistem-Sistim
a. Baku = Sistem baru ini berjalan dengan baik
b. Tidak Baku =  Sistim baru ini berjalan dengan baik

37. Stasiun-Setasiun
a. Baku = Ibu berhenti di Stasiun Bala-bala :)
b. Tidak Baku =  Ibu berhenti di Setasiun Bala-bala :)

38. Utang-Hutang
a. Baku = Utang keluarga saya semakin menumpuk
b. Tidak Baku =  Hutang keluarga saya semakin menumpuk

39. Tarif-Tarip
a. Baku = Tarif odong-odong semakin hari semakin meningkat :)
b. Tidak Baku =  Tarip odong-odong semakin hari semakin meningkat :)

40. Zaman-Jaman
a. Baku = Zaman sekarang teknologi semakin canggih
b. Tidak Baku =  Jaman sekarang teknologi semakin canggih



6 comments: