Monday, May 16, 2016

Kali ini kita akan membahas tentang Bentuk Ancaman terhadap Bangsa dan Negara. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, aamiin.

Bentuk Ancaman terhadap Bangsa dan Negara

A. Ancaman Militer
Ancaman militer adalah ancaman yang menggunakan kekuatan bersenjata yang terorganisir dan dinilai mempunyai kemampuan yang membahayakan kedaulatan negara, keutuhan negara, dan keselamatan warga disuatu negara. Menurut penjelasan Nomor 3 tahun 2002, ancaman militer dapat berbentuk sebagai berikut :
1. Agresi, agresi adalah berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan warga disuatu negara.
2. Spionase, spionase adalah jika suatu negara mencari dan mendapatkan rahasia militer.
3. Pelanggaran wilayah, Pelanggaran wilayah adalah jika suatu negara melanggar suatu batas negara lain




4. Sabotase, sabotase adalah merusak instalasi penting militer dan objek vital nasional yang membahayakan keselamatan bangsa
5. Perang saudara, Perang saudara adalah Perang antar suatu wilayah, suku ataupun daerah tertentu dengan menggunakan senjata.
6. Pemberontakan bersenjata
7. Aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh suatu jaringan terorisme internasional atau bekerja sama dengan terorisme dalam negeri.



B. Ancaman Non Militer
Ancaman non militer adalah ancaman yang tidak menggunakan kekuatan senjata tetapi jika dibiarkan akan bisa merusak atau membahayakan kedaulatan negara, keutuhan negara, dan keselamatan warga disuatu negara. Bentuk bentuk ancaman non-militer antara lain adalah sebagai berikut :
1. Ancaman terhadap ideologi Pancasila
2. Ancaman terhadap sumber daya manusia
3. Ancaman terhadap budaya bangsa
4. Ancaman terhadap ekonomi bangsa
5. Dampak Negatif Globalisasi






No comments:

Post a Comment